Jakarta – Pelatih Shin Tae-yong memberikan prediksi jalannya pertandingan Timnas Indonesia vs Australia dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2024. Menurut dia, Skuad Garuda akan dipaksa bermain bertahan meski berupaya menyerang sejak awal.

“Saya tidak bisa bicara taktik, tapi kita bisa lihat dari ranking FIFA, kita mau menyerang pun pasti ujung-ujungnya akan lebih banyak bertahan. Ranking Australia ada di peringkat 20-an, sementara kita (Indonesia) di peringkat 130-an,” ujar dia dalam sesi jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun memperkirakan Timnas Indonesia hanya bisa menguasai bola sebanyak 40 persen saja. “Mungkin (penguasaan bola) 60 banding 40 persen, tapi saya sebagai pelatih Timnas Indonesia, bagaimana pun, akan memikirkan solusi untuk itu.”

Pada pertemuan terakhir kedua tim di Piala Asia 2023 awal tahun ini, Australia tampak begitu superior atas Timnas Indonesia. Socceroos mampu mencatatkan penguasaan bola 51 persen, berbanding 49 persen milik Timnas Indonesia. Jackson Irvine dan kawan-kawan juga melepaskan total 12 tendangan dengan empat di antaranya berbuah gol ke gawang Pasukan Merah Putih. Sementara Tim Garuda hanya melepaskan total lima tendangan.

Kendati demikian, pada pertemuan kali ini, Shin Tae-yong mengatakan sudah meracik strategi untuk meredam dominasi Australia. Absennya penyerang Socceroos, Kusini Yengi, karena kartu merah yang diterima dalam laga sebelumnya, kata pelatih berusia 54 tahun tersebut, tidak memberi dampak banyak pada kekuatan Australia.

“Striker Australia (Kusini Yengi) tidak bisa bermain, tetapi itu tidak terlalu menjadi perhatian saya karena dari dulu Australia sudah memiliki skuad yang baik. Kami akan tetap mengantisipasi para pemain lain karena Australia merupakan tim yang kuat,” tutur Shin Tae-yong.

Laga Timnas Indonesia vs Australia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2024, mulai pukul 19.00 WIB. Skuad Garuda saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara grup F dengan koleksi satu poin. Sementara Socceroos menduduki urutan kelima.

Sumber

Share.
Exit mobile version